Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 26 Juli 2012

Latihan Kelincahan

 – Kelincahan merupakan salah satu unsur penting di dalam olahraga dan perlu untuk dilatih. Hampir semua cabang olahraga menuntut pemainnya memiliki kelincahan yang baik, misalnya dalam bola basket, sepak bola dan lainnya. Latihan kelincahan dapat kita lakukan dengan berbagai macam cara. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Shuttle Run
Lari bolak balik (Shuttle Run)
Lari bolak balik atau Shuttle Run dilakukan secepat mungkin sebanyak 6 – 8 kali dalam jarak 4 – 5 meter. Setiap kali sampai pada suatu titik sebagai batas, maka secepatnya berusaha mengubah arah menuju titik lainnya. Perlu diperhatikan bahwa jarak antara kedua titik tidak terlalu jauh serta jumlah ulangan tidak terlalu banyak sehingga tidak akan menyebabkan kelelahan bagi si pemain. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengubah arah secepat mungkin pada saat bergerak.

Lari Zig-Zag
Lari berbelok-belok (zig-zag)
Seseorang berlari dengan cepat sebanyak 2 – 3 kali di antara beberapa titik, misalnya 4 – 5 titik. Jarak setiap titik kurang lebih 2 meter.
Cara melakukan gerakan belak-belok adalah:
Berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan
Pandangan ke depan
Lakukan gerakan lari berbelok-belok ke arah kiri dan kanan sesuai dengan arah.

Squat Thrust
Jongkok berdiri (Squat Thrust)
Gerakan dimulai dengan sikap berdiri tegak, kemudian berjongkok dengan kedua tangan di lantai dan kedua kakinya dilemparkan lurus ke belakang sehingga tubuh kelihatan lurus sepertl sikap tubuh akan melakukan push up kemudian tarik kedua kaki sehingga kembali ke sikap jongkok dan kembali berdiri tegak. Keseluruhan gerakan tersebut dilakukan secepat mungkin dengan frekuensi sebanyak mungkin.


0 komentar:

Posting Komentar